A.PERSYARATAN PELAYANAN 

  1. Surat pernyataan di atas kertas tentang kebenaran data dan keabsahan data.
  2. Foto copy KTP
  3. Surat keterangan dari sekolah/Perguruan tinggi/Lembaga instansi yang bertanggungjab.
  4. Surat Rekomendasi dari Instansi/Lembaga terkait.
  5. Proposal penelitian.

B.SISTEM,MEKANISME,PROSEDUR PELAYANAN

1. Pemohon mengajukan permohonan ke DPM-PTSP

2.Petugas Frontoffice (FO) DPM-PTSP menerima dan meneliti  kelengkapan berkas.

3. Petugas Backoffice memverifikasi permohonan

4. Kepala DPM-PTSP menandatangani  surat izin penelitian 

5. Penomeran percetakan surat izin penelitian

6. Penyerahan surat izin penelitian kepada pemohon oleh petugas Frontoffice ( FO).

C. TANGKA WAKTU PELAYANAN :  3 Hari 

D. BIAYA/TARIF PELAYANAN        :  Gratis

E. PRODUK PELAYANAN              : Surat Izin Penelitian

F. ADUAN, SARAN, MASUKAN     : - Melalui kotak saran dan pengaduan

                                                          - Melalui surat tertulis kepada Kepala DPM-PTSP

                                                          - Melalui Website/email DPM-PTSP

G.DASAR HUKUM                         : Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 64 tahun 2011 tentang pedoman penerbitan rekomendasi penelitian, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2014 tentang                                                                        perubahan Peraturan   Menteri Dalam Negeri  nomor 3 tahun 2018 tentang Penerbitan Surat Keterangan Penelitian . 

H. SARANA,PRASARANA/            : 1. Conter layanan dan gedung yang representatif

                                                          2. Komputer dan jaringan internet

                                                          3. Printer

                                                          4. Polpen

                                                          5. Formulir permohonan

                                                          6. Ruang tunggu dan pendingin udara.

I. KOMPETENSI PELAKSANA     : 1. Pendidikan formal SMA/D3/S1

                                                        2. Sehat jasmani dan rohani.  ramah, tanggap dan teliti.

                                                        3. Berorientasi pada pelayanan

                                                        4. Empati dan komunikatif

J.PENGAWASAN INTERNAL      :  1. Survey atasan langsung

                                                        2. Sistim pengendalian internal  pemerintah dan pengawasan internal Inspektorat kabupaten.

K. JUMLAH PELAKSANA            : Petugas FO dan BO pelayanan perizinan berjumlah 6 (enam) orang

L. JAMINAN PELAYANAN           : Pelayanan dilakukan dengan ramah, cepat, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

M. JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN : Produk perizinan dapat dipertanggungjawabkan kebenaran dan keabsahannya.

N. EVALUASI KINERJA PELAYANAN : 1. Evaluasi dan pengawasan terhaap kegiatan dilakukan setiap saat juka terjadi kesalahan dan perubahan atas peraturan pelaksanaan

                                                                2. Evaluasi melalui survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ).