1. PERSYARATAN PELAYANAN 

    a. Surat Permohonan

    b. Foto copy STRB  yang masih berlaku .

    c. Surat keterangan  sehat dari dokter yang memiliki SIP.

    d. Surat pernyataan memiliki tempat praktek.

    e. Surat keterangan dari pemilik  fasilitas pelayanan kesehatan.

    f. Pas foto  4x6 sebanyak 3 lembar 

   g. Rekomendasi dari organisasi profesi.

2. SISTIM, MEKANISME, PROSEDUR PELAYANAN 

   a. Pemohon mengajukan permohonan ke DPM-PTSP

   b. Petugas frontoffice (FO) DPM-PTSP  menerima dan meneliti kelengkapan berkas.

   c. Setelah berkas dinyatakan lengkap selanjutnya , selanjutnya di entry ke  SICANTIK  dan diberikan tanda terima permohonan.

   d. Petugas Backoffice memverifikasi permohonan .

   e. Permohonan diteruskan  ke Dinas kesehatan untuk diterbitkan rekomendasi. 

   f. Setelah rekomendasi  terbit divalidasi oleh Kabid perizinan

   g. Kepala DPM-PTSP  mengesahkan surat izin praktek.

   h. Penomeran percetakan Surat Izin praktik .

   i. Penyerahan  SIP kepada pemohon oleh petugas  Frontoffice (FO) 

3. JANGKA WAKTU                                  : 12 Hari 

4. BIAYA/TARIF PELAYANAN                  : Gratis 

5. PRODUK LAYANAN                            : Surat Izin Praktek Bidan 

6. ADUAN , SARAN, MASUKAN             :  a. Melalui kotak saran dan pengaduan .

                                                                    b. Melalui surat tertulis kepada kepala DPM-PTSP

                                                                    c. Melalui website/email DPM-PTSP ( Email : dpmptspklk@gmail.com )   

7. DASAR HUKUM                                  : Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 tahun 2017 , tentang izin dan penyelenggaraan praktik Bidan .

8. SARANA/PRASARANA/VASILITAS    : a. Counter layanan dan gedung yang representatif

                                                                   b. Komputer dan jaringan internet 

                                                                   c. Printer

                                                                   d. Pulpen 

                                                                   e. Formulir permohonan

                                                                   f. Ruang tunggu dan pendingin udara.

9. KOMPETENSI PELAKSANA               : a. Pendidikan formal : SMA, D3, S1

                                                                   b. Sehat jasmani dan rohani, ramah, tanggap, dan teliti

                                                                   c. Berorientasi pada pelayanan

                                                                  d. Empati dan komunikatif. 

10. PENGAWASAN INTERNAL              : a. Survey atasan langsung

                                                                  b. Sistem pengendalian internal pemerintah dan pengawasan internal dari inspektorat kabupaten.

11. JUMLAH PELAKSANA                     : Petugas Frontoffice (FO) dan Backoffice (BO)  pelayanan perizinan berjumlah 6  (enam) orang 

12. JAMINAN PELAYANAN                   : Pelayanan dilakukan dengan ramah , cepat, tepat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

13. JAMINAN KEAMANAN dan KESELAMATAN : Produk perizinan dapat dipertanggungjawabkan kebenaran dan keabsahannya.

14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN : a. Evaluasi dan pengawasan terhadap kegiatan dilakukan  setiap saat, jika terjadi kesalahan dan perubahan atas peraturan pelaksanaan 

                                                                 b. Evaluasi melalui survey kepuasan masyarakat (SKM)